3 Barang Yang Dikenakan Cukai Dan Karakteristiknya

Barang Yang Dikenakan Cukai dan karakteristiknya

Tugas Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai ( Bea Cukai ) adalah mengawasi peredaran barang Impor serta Ekspor. Selain 2 tugas itu masih ada tugas lain dari Bea Cukai yaitu melakukan pengawasan terhadap barang yang di kenakan cukai.

Apa yang dimaksud dengan cukai dan karakteristik seperti apa sebuah barang dianggap Barang Kena Cukai ( BKC )?. Ikuti pembahasan seputar cukai ini sampai selesai.

Apa Yang Dimaksud Dengan Cukai

Sebelum membahas cukai ada baiknya kita mengenal apa itu BKC. BKC adalah barang – barang tertentu yang mempunyai sifat dan karakteristik yang ditetapkan dalam Undang – Undang cukai.

Sedangkan Cukai sendiri adalah jenis pungutan negara yang dikenakan terhadap BKC.

Berikut adalah sifat dan karakteristik dari BKC :

  • Konsumsinya perlu di kendalikan
  • Peredarannya perlu di awasi
  • Pemakaian dapat menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat atau lingkungan hidup
  • Atau pemakaiannya perlu pembebanan pungutan negara demi keadilan dan keseimbangan

Apa saja BKC yang diawasi dan dipungut oleh Bea Cukai ?

1. Etil Alkohol

Etil alkohol atau etanol adalah barang cair, jernih dan tidak berwarna yang merupakan senyawa organik dengan rumus kimia C2H5OH yang diperoleh baik secara peragian dan/atau penyulingan maupun secara sintesa alami.

2. Minuman Mengandung Etil Alkohol ( MMEA )

MMEA adalah semua barang cair yang lazim disebut minuman, yang mengandung etil alkohol, yang dihasilkan dengan cara peragian, penyulingan atau cara lainnya.

Contoh MMEA lokal dengan kadar alkoholnya :

  • Bir lokal ( 3 – 5% ) kecuali bir hitam ( 8 % )
  • Shandy ( < 1 % ). shandy adalah minuman ringan yang dicampur dengan bir
  • Anggur obat ( 9 – 18% ) adalah campuran etil alkohol dengan sari buah yang difermentasikan
  • Arak ( 38% )
  • MMEA lokal lainnya

Contoh MMEA Impor dengan kadar alkoholnya :

  • Wine ( 9 – 18%) dan Brandy ( minimal 30%)
  • Cider ( 2 – 8% )
  • Whisky ( 30 – 40% )
  • Soju ( 20 % ), soju adalah MMEA yang berasal dari korea
  • MMEA impor lainnya

3. Hasil Tembakau

Jenis BKC untuk hasil olahan tembakau meliputi :

A. Sigaret Sigaret Linting adalah sigaret yang dibuat dari tembakau rajangan yang dibalut kertas dengan cara dilinting untuk dipakai tanpa mengindahkan bahan pengganti atau bahan pembantu yang digunakan dalam pembuatannya.

Sigaret Kretek adalah sigaret yang pada proses pembuatannya di campur dengan cengkeh atau bagiannya baik asli maupun tiruan tanpa memperhatikan jumlahnya. Sigaret kretek terdiri dari Sigaret Kretek Tangan ( SKT ) dan Sigaret Kretek Mesin ( SKM ).

Sigaret Kretek Tangan ( SKT ) adalah sigaret yang proses pembuatannya mulai dari pemasangan filter, pengemasan dalam kemasan eceran dan pelekatan pita cukai dilakukan secara manual tanpa menggunakan mesin. Sigaret Kretek Mesin ( SKM ) adalah sigaret yang proses pembuatannya menggunakan mesin baik sebagaian maupun keseluruhan.

Sigaret Putih adalah sigaret yang pada proses pembuatannya tidak dicampur cengkeh, kelembak atau kelembak menyan. Dari proses pembuatannya sigaret ini terdiri dari sigaret putih tangan (SPT) dan sigaret putih mesin (SPM).

Sigaret kelembak menyan adalah sigaret yang pada proses pembuatannya dicampur dengan kelembak atau menyan asli maupun tiruan tanpa memperhatikan jumlahnya

sigaret

B. CerutuCerutu adalah hasil tembakau yang dibuat dari lembaran – lembaran daun tembakau yang di gulung dengan cara sedemikian rupa dengan daun tembakau untuk dipakai.

Cerutu adalah hasil tembakau yang dibuat dari lembaran – lembaran daun tembakau yang di gulung dengan cara sedemikian rupa dengan daun tembakau untuk dipakai.

C. Rokok Daun

Rokok daun adalah rokok yang dibuat dari daun ripah, daun jagung atau klobot atau sejenisnya dengan cara dilinting’

D. Tembakau iris ( TIS )

Tembakau iris adalah hasil tembakau yang dibuat dari daun tembakau yang di rajang untuk dipakai

E. dan pengolahan tembakau lainnya dengan tidak mengindahkan digunakan atau tidak bahan pengganti atau bahan pembantu dalam pembuatannya

Demikian adalah pembahasan seputar barang apa saja yang dikenakan cukai, pengenalan sifat dan karakteristik barang dikategorikan sebagai barang kena cukai.

Sampai tulisan ini diposting, jenis jenis cukai yang menjadi objek tugas bea cukai terdiri dari cukai hasil tembakau dan alkohol. Tidak menutup kemungkinan dikemudian hari akan ada barang kena cukai lainnya.

Semoga bermanfaat 🙂

Berlangganan dan Download E-Book Bagus

* indicates required

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Gratis
E-BOOK BAGUS TENTANG PERSONAL DEVELOPMENT DAN MOTIVASI