3 Cara Dan Persyaratan Masuk Bea Cukai

Semenjak kuliah dan setelah lulus, saya sama sekali tidak terpikirkan untuk menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil ( PNS ). Dan juga tidak terlintas dalam pikiran bagaimana cara masuk bea cukai.

Saya beranggapan bahwa cara untuk menjadi PNS itu tidak objektif. Kita harus mempunyai hubungan spesial dengan orang dalam dan cukup modal agar dapat diangkat menjadi pegawai.

Dan pada waktu itu memang faktanya seperti itu karena tidak sedikit tetangga saya dikampung yang menjual aset – aset mereka. Menguangkan sawah, kebun maupun hewan ternak atau mungkin dengan berhutang hanya untuk membeli sebuah status “Pegawai Negeri Sipil”.

Sampai suatu ketika kakak memberikan kepada saya sebuah potongan koran nasional. Didalamnya berisi sebuah instansi pemerintah yang membutuhkan lulusan smk dan sarjana dan Ijazah saya masuk kriteria yang dicari.

Setiap proses saya jalani mulai dari mengurus syarat – syarat yang dibutuhkan, menjalani tes tertulis maupun psikotes tanpa mempunyai sebuah harapan hanya melakukan karena ingin menyenangkan hati kakak.

Sampai akhirnya saya dinyatakan diterima menjadi pegawai Bea dan cukai. Dari situ saya sadar bahwa tidak semua instansi pemerintah menyaratkan materi dan koneksi untuk diangkat menjadi PNS.

Dan bagi kamu yang ingin menjadi PNS khususnya di lingkungan direktorat jenderal bea dan cukai, berikut adalah 3 cara masuk bea cukai.

3 Cara masuk menjadi pegawai bea dan cukai

Direktorat jenderal bea dan cukai memberikan kesempatan bagi segenap rakyat indonesia untuk mengabdi menjadi pegawai bea dan cukai. Kebutuhan pegawai diinstansi bea dan cukai dipenuhi dari jalur reguler dan maupun melalui jalur khusus.

1. Kuliah di Politeknik Keuangan negara STAN

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) adalah jalur reguler pemenuhan kebutuhan pegawai  bea dan cukai. PKN STAN adalah sekolah kedinasan dibawah Kementerian Keuangan yang didalamnya ada jurusan disiplin ilmu kepabeanan dan cukai. Bisa dikatakan bahwa lulusan PKN STAN bea dan cukai adalah calon pegawai karena sudah memenuhi persyaratan masuk bea cukai.

Selain dari PKN STAN bea dan cukai, kebutuhan pegawai bea cukai juga bisa bersumber dari PKN STAN berdisiplin ilmu akuntansi dan yang lain.

2. Kuliah di Luar STAN

Selain dari jalur reguler, pegawai bea dan cukai juga berasal dari penerimaan umum dari berbagai strata dan jurusan  .

Jika kamu memang ingin banget masuk bea cukai tetapi tidak diterima di PKN STAN, kamu dapat terus kuliah di PTN maupun PTS lain

Cobalah mengambil jurusan yang berhubungan dengan proses bisnis Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dan belajar sungguh – sungguh serta perkuat doa serta restu orang tua.

3. Program Honorer

Jalur penerimaan pegawai bea dan cukai dari tenaga honorer dari tahun ketahun jumlahnya terus berkurang. Jadi porsi pemenuhan pegawai bea dan cukai dari jalur ini adalah yang paling kecil.

Persyaratan Umum Masuk Bea Cukai

Syarat masuk bea cukai secara umum adalah sehat jasmani dan rohani, memenuhi syarat IPK minimal, tinggi badan minimal, umur maksimal dan seterusnya.

Mewujudkan cita – cita dapat kita capai dari berbagai jalan baik dengan jalur yang lurus tanpa halangan maupun dengan rute  yang berkelok – kelok dan penuh rintangan.

Dan yang jadi pertanyaan besar adalah apakah menjadi pegawai bea dan cukai adalah cita – cita saya. Jawabannya adalah tetap melakukan yang terbaik dan terus bertumbuh dan dengan berbagi melalui tulisan ini adalah sebuah wujud nyata bahwa saya ingin terus maju.

Demikianlah sedikit paparan seputar cara masuk bea cukai ( menjadi pegawai bea dan cukai ) serta persyaratan masuk bea cukai yang harus dipenuhi.

Semoga bermanfaat 🙂

Berlangganan dan Download E-Book Bagus

* indicates required
This entry was posted in .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Gratis
E-BOOK BAGUS TENTANG PERSONAL DEVELOPMENT DAN MOTIVASI