3 Tarif Bea Masuk Barang Impor Lewat Bandara Soekarno Hatta

tarif bea masuk barang impor

Sebagai bandar udara terbesar di Indonesia, Bandara Internasional Soekarno Hatta ( Bandara Soetta ) menjadi salah satu pintu masuk utama penumpang dan barang dari luar negeri.

Kewajiban atas barang yang masuk melalui Bandara Soetta adalah membayar pajak ( barang impor ) kecuali barang tersebut dikategorikan barang yang tidak kena pajak.

Ada 3 jenis pajak yang dikenakan atas barang impor yaitu :

  • Bea Masuk ( BM )
  • Pajak Pertambahan Nilai ( PPn )
  • dan Pajak Penghasilan Impor ( PPH )

Dibandara Soetta, pemberlakuan besarnya tarif bea masuk barang impor berbeda antara satu dengan yang lain. Perbedaan ini disebabkan oleh cara pengajuan pemberitahuan impor atas barang impor tersebut.

1. Tarif Bea Masuk Barang Impor Untuk Barang Bawaan Penumpang

Tarif bea masuk barang bawaan penumpang adalah flat 10%. Dengan PPn flat 10% dan tarif PPh 7,5 % dengan Nomor Induk Wajib Pajak (NPWP) dan 15 % tanpa NPWP.

2. Tarif Bea Masuk Barang untuk barang impor yang diajukan dengan PIBK. 

Tarif bea masuk barang impor yang diajukan dengan dokumen PIBK adalah sesuai dengan BTKI ( Buku Tarif Kepabeanan Indonesia ). Dengan PPn flat 10% dan tarif PPh 7,5 % dengan NPWP dan 15 % tanpa NPWP.

Jika dilihat dari asal barang dan dokumen pengajuannya, PIBK sendiri dibagi 3 :

  • PIBK murni

PIBK murni adalah Pemberitahuan impor barang yang dilakukan oleh Pengusaha Jasa Titipan ( PJT ) untuk penerima barang ke Kantor Bea dan Cukai. PIBK ini diperuntukkan bagi penerima barang non PT dengan nilai FOB >= $1500.

  • PIBK Barang Penumpang

PIBK Barang Penumpang adalah Barang bawaan penumpang yang harus diselesaikan kewajiban atas PDRI ( Pajak Dalam Rangka Imor ) di Kantor Pelayanan Utama Soekarno Hatta ( KPU Soetta ).

  • PIBK ex Domuken CN ( Consignment Note)

PIBK ex dokumen CN adalah PIBK yang pada awalnya di laporkan dengan CN tetapi berdasarkan penelitian pejabat pemeriksa dokumen bea dan cukai harus diselesaikan dengan dokumen CN.

3. Tarif Bea Masuk Barang untuk barang impor yang diajukan dengan CN

Tarif bea masuk barang impor yang diajukan dengan dokumen CN adalah flat 7,5 % untuk semua jenis barang. Dengan PPn flat 10% untuk semua jenis barang. Dan tarif PPh 10 % dengan NPWP dan 20 % tanpa NPWP.

Demikianlah penjelasan tentang tarif bea masuk barang impor yang diselesaikan di KPU Soekarno Hatta.

Jadi sebuah tas akan bebas dari pajak atau dikenakan bea masuk yang berbeda tergantung bagaimana barang tersebut masuk.

Semoga bermanfaat 🙂

Berlangganan dan Download E-Book Bagus

* indicates required

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Gratis
E-BOOK BAGUS TENTANG PERSONAL DEVELOPMENT DAN MOTIVASI