8 Tempat di Terminal Kargo Bandara Soekarno Hatta Yang Wajib Anda Ketahui

terminal kargo bandara soekarno hatta

Tidak terasa sudah hampir 4 tahun saya bertugas di bandara Internasional Soekarno Hatta. Seiring dengan perjalanan waktu terjadi banyak perubahan wajah baik di terminal penumpang maupun di terminal kargo bandara Soekarno Hatta.

Kemaren dulu anda mungkin masih dapat dengan mudah menemukan tempat makan siang disekitar kargo. Tetapi sekarang anda harus sedikit melangkah menuju pujasera untuk mendapatkan sepiring nasi rames dan segelas es teh manis.

Masih teringat dalam ingatan saya setiap kali akan berdinas ke Soetta dihari Jum’at adalah berburu jaket di pasar kaget pelataran masjid kargo. Tetapi saat ini lapak dadakan itu sudah tidak ada dan hanya akan menjadi sebuah kenangan dimasa lalu.

Sebuah pembangunan tentunya akan mengarah ke tujuan yang lebih baik. Bangunan direnovasi agar lebih rapi, lingkungan dihijaukan supaya nampak segar, perasaan aman dan lalu lintas yang teratur diciptakan.
Secara umum area terminal kargo terbagi menjadi dua bagian yaitu kawasan terbuka dan kawasan tertutup. Orang umum dapat memasuki kawasan terbuka dengan mudah karena tidak dipersyaratkan mempunyai kartu pas bandara. Sedangkan kawasan tertutup mengharuskan setiap pengunjungnya memegang pas bandara.

Terminal kargo yang sekarang sedikit banyak berbeda dengan terminal kargo yang lama. Berikut adalah tempat – tempat publik yang dapat anda temukan dan manfaatkan ketika berkunjung ke terminal kargo bandara Soekarno Hatta.

1.Gudang terminal kargo 

Gudang adalah tempat penampungan sementara untuk barang – barang domestik maupun internasional. Di tiap – tiap gudang dipisahkan antara barang – barang impor, barang kiriman domestik maupun barang yang akan dikirim keluar negeri dalam rangka ekspor.

Area gudang adalah kawasan tertutup dimana mobil maupun orang yang akan memasukinya harus dapat menunjukkan pas bandara.
Gudang diarea kargo di gerakkan oleh beberapa pihak operator dengan label mereka masing masing yaitu :

  • Gudang Garuda
  • Gudang Jas
  • Gudang Gapura
  • Gudang DHL
  • Kantor Pos
  • Gudang RPX
  • Gudang UNEX
  • Gudang UPS
  • Gudang Lion

2. Tempat Parkir

Tempat parkir di area terminal kargo bandara Soekarno Hatta terdiri dari parkiran roda empat keatas dan motor roda dua dan keduanya tidak berada dalam 1 tempat.
Parkir di terminal kargo tidak gratis alias berbayar dan ada akumulasi harga dari perjam maupun perharinya.

3. Bank dan ATM

Untuk menunjang segala transaksi baik tunai maupun non tunai di area terminal kargo bandara Soekarno Hatta perlu dihadirkan pihak perbankan. 
Di terminal kargo setidaknya ada tiga bank yang melayani transaksi keuangan yaitu bank Mandiri, bank BNI dan bank Rakyat Indonesia (BRI).
Mesin Anjungan Tunai Mandiri ( ATM ) ada di dalam gedung masing – masing Bank. Masih ada 2 lokasi ATM yang lain yaitu di area parkir mobil dan halaman kantor bea dan cukai Soekarno Hatta.

4. Minimarket

Selain kantin,  untuk memenuhi kebutuhan pekerja maupun pengunjung terminal kargo Soekarno Hatta dibutuhkan mini market.
Di terminal kargo setidaknya ada 3 lokasi minimarket yang bisa anda temukan. Bentuk minimarket disini khas, karena keterbatasan ruang minimarket dibuat dengan memanfaatkan kontainer.

5. Tempat Ibadah 

Tempat ibadah yang dimaksud disini adalah masjid dan mushola. 
Bagi anda yang muslim, tidak ada alasan untuk meninggalkan sholat wajib berjamaah maupun sholat Jum’at.
Ada beberapa lokasi tempat ibadah yang bisa manfaatkan di area kargo, yaitu :

a. Masjid pelangi

Masjid ini sangat ICONIC dan terbesar di area kargo sehingga sangat mudah ditemukan ketika Anda berkunjung ke area kargo bandara Soekarno Hatta.
Selain untuk shalat berjamaah, masjid ini juga dimanfaatkan untuk sholat Jumat tiap pekannya.

b. Masjid bea dan cukai

masjid baitul islah kantor bea dan cukai soekano hatta

Lokasi masjid ini ada di halaman kantor bea dan cukai Soekarno Hatta.
Masjid ini adalah sarana tempat ibadah wajib, baik sholat berjamaah maupun Jum’at untuk pegawai bea dan cukai. Tetapi tidak menutup pintu untuk jamaah diluar pegawai.
Masjid ini sangat nyaman karena dilengkapi dengan AC dan karpet yang terawat.

c. Tempat lain.

Masih ada tempat ibadah lain diarea kargo dengan skala lebih kecil yaitu berbentuk mushola. Mereka ada 2 di sepanjang jalan keluar kargo, 1 di lingkungan kantor Garuda dan 1 di kantor Pos.

6. Kantor Bea dan Cukai Soekarno Hatta

Jika anda berkepentingan dengan pengiriman barang yaitu kegiatan pemasukan barang ( impor) dan pengeluaran barang ( ekspor ), tentu akan berurusan dengan kantor bea dan cukai
Kantor bea cukai terdiri dari dua gedung, yaitu gedung A dan gedung B yang letaknya berseberangan.

7. Kantor Avsec

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan terminal kargo, otoritas bandara mendelegasikan tugas kepada Avian Scurity ( Avsec).
Tugas Avsec diantaranya melakukan pemeriksaan terhadap orang maupun kendaraan yang akan memasuki area tertutup gudang.

8. Kantin Pujasera Terminal Kargo

Kantin Pujasera ( Pujasera ) adalah tempat resmi bagi pedagang makanan di terminal kargo bandara Soekarno Hatta.
Pujasera ini mempunyai kurang lebih 34 kios yang dijadikan untuk menjajakan beragam makanan dan aneka minuman. Perlu anda ketahui, tempat ini buka penuh selama 24 jam.

Demikian 8 tempat di Terminal kargo bandara Soekarno Hatta yang wajib anda ketahui, Semoga setelah membaca tulisan ini, anda tidak lagi bingung ketika akan mengurus barang di terminal kargo bandara Soekarno-Hatta.

Semoga bermanfaat 🙂

Berlangganan dan Download E-Book Bagus

* indicates required

This entry was posted in .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Gratis
E-BOOK BAGUS TENTANG PERSONAL DEVELOPMENT DAN MOTIVASI