Arti Logo Bea dan Cukai

arti logo Bea Cukai
Sebagaimana institusi pemerintahan yang lain, Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai (bea dan cukai) juga mempunyai sebuah lambang Organisasi. Logo bea dan cukai terlihat seperti gambar pemandangan alam yang terdiri dari laut, gunung dan udara bersayap yang di yang bersandar di sebatang tongkat kayu berulir dan di kelilingi 24 malai padi.

Arti Logo Bea dan Cukai

Dari setiap komponen logo bea dan cukai mempunyai arti dan maksud yang berbeda :

  • Gambar segi lima berupa pemandangan laut, gunung dan angkasa mempunyai makna bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia berlambangkan Pancasila
  • Tongkat kayu berulir dengan jumlah uliran sebanyak 8 melambangkan Indonesia dan disini bea dan cukai sebagai bagian organisasi yang menjalin hunbungan perdagangan Internasional dari negara – negara di 8 penjuru angin.
  • Dua buah sayap yang mempunyai gabungan sayap besar berjumlah 10 dan 30 sayap kecil. Angka 10 melambangkan bulan oktober sedangkan angka 30 mempunyai arti tanggal. Setiap tanggal 30 Oktober diperingati sebagai hari Keuangan yang menjadi core bisnis Bea dan cukai yang melakukan tugas pokok Kementerian Keuangan di bidang kepabeanan dan cukai.
  • Malai padi berjumlah 24 yang mengitari melambangkan kesejahteraan dan kemakmuran bangsa Indonesia adalah tujuan dari pelaksanaan tugas Bea dan Cukai

Demikian ulasan singkat tentang arti logo bea dan cukai, semoga bermanfaat 🙂

Berlangganan dan Download E-Book Bagus

* indicates required

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *