Barang Yang Kena Pajak Bea Cukai

Barang Dari Luar Negeri Yang Kena Pajak Impor Bea CukaiSalah satu fungsi ‘klasik’dari seorang pegawai bea cukai bandara adalah melakukan pungutan pajak barang dari luar negeri. Barang Yang Kena Pajak Bea Cukai adalah barang dalam rangka impor maupun ekspor serta barang terkena cukai. Dalam hal ini bea cukai  berperan sebagai revenue collector.

Fungsi lain dari institusi ini adalah memberi fasilitas terhadap kegiatan perdagangan (trade facilitator ) dalam bentuk produk hukum kepabeanan. Dengan fungsi ini diharapkan terciptanya pelayanan yang cepat dan pengawasan yang optimal. Dan juga diharapkan bisa memberikan fasilitas lain yang untuk mendukung kelancaran barang.

Beberapa upaya dilakukan Bea cukai sebagai wujud  perlindungan terhadap industri  dalam negeri ( Industrial assistance).  Bentuk perlindungan itu adalah dengan membebaskan pajak untuk ekspor ( bea keluar), pembebasan dan penangguhan pajak impor untuk barang – barang yang akan diproses untuk ekspor maupun mesin – mesin pendukungnya.

Bea cukai menjadi institusi terdepan yang menjaga dan mengawasi barang – barang yang masuk dari luar negeri  maupun barang yang keluar yang sekiranya bisa membahayakan kehidupan masyarakat ( community protector).

Terhadap barang yang masuk akan dilakukan pemeriksaan dalam rangka pengawasan terhadap barang –  barang terlarang serta kewajiban pajak atas barang impor. Barang Yang Kena Pajak Bea Cukai di bandara adalah barang yang dibawa penumpang selain barang pribadi maupun barang yang dikirim melalui cargo. Seiring dengan perkembangan perdagangan Online di mana barang yang masuk kedalam negeri dari hari ke hari semakin meningkat maka dibutuhkan pengawasan dan pelayanan yang  optimal.

Pengertian pajak bea cukai

Pengertian pajak bea cukai adalah pajak yang dipungut petugas bea cukai bandara yang dikenakan terhadap barang penumpang/kiriman/pindahan yang terdiri dari :

  • Bea masuk ( BM )
  • Pajak Pertambahan Nilai (PPN )
  • PPh pasal 22 atas barang impor

Barang yang kena pajak bea cukai di bandara

Secara umum, barang yang masuk wilayah indonesia dengan cara pendaratan di bandar udara bisa dibagi menjadi 3 jenis barang  yaitu :

  • Barang impor bawaan penumpang ( hand carry ) dan kru sarana pengangkut
  • Barang kiriman (barang impor)
  • Barang pindahan.

Perlakukan dalam hal barang yang kena pajak bea cukai di bandara  terhadap ketiga jenis barang tersebut berbeda antara satu dengan yang lain.

Barang Impor Bawaan Penumpang ( Hand Carry) dan barang impor bawaan awak sarana pengangkut

Barang Impor bawaan penumpang/ barang impor bawaan awak sarana pengangkut terdiri dari barang yang dipakai untuk keperluan pribadi (personal-use) dan selain barang untuk keperluan pribadi ( non personal use). Petugas bea dan cukai berwenang menetapkan barang bawaan tersebut sebagai barang pribadi atau bukan berdasarkan manajemen resiko.

Barang impor bawaan penumpang mendapatkan pembebasan sebesar USD 500 dan untuk barang impor bawaan awak sarana pengangkut mendapatkan pembebasan sebesar USD 50. Oleh karena itu, jika seorang penumpang/awak sarana pengangkut diketahui membawa barang yang di kategorikan sebagai barang bukan keperluan pribadi baik dari hasil pemeriksaan barang maupun dari laporan penumpang di dokumen Customs Declaration ( CD )dan nilainya melebihi USD 500/ USD 50 maka atas selisihnya akan dikenakan pajak oleh bea cukai bandara.

Barang Kiriman

Definisi Barang kiriman adalah barang yang dikirim oleh seseorang/perusahaan/organisasi di luar negeri kepada seseorang/perusahaan/organisasi  didalam negeri. Untuk pengurusannya menjadi tanggung jawab Pengusaha Jasa Titipan (PJT) dan Kantor Pos.

Pemberian pembebasan bea masuk terhadap barang kiriman adalah 75 dolar AS  atas rekomendasi dari WCO ( World Customs Organization) untuk pengiriman satu atau lebih barang dalam satu hari. Jadi sepanjang nilai pabean atas pengiriman barang dalam satu hari tidak melebihi jumlah pembatasan pembebasan diatas  maka pungutan atas bea masuk dan pajak dalam rangka impor tidak dipungut.

Skema pemberitahuan barang kiriman dapat dilakukan dengan cara Pemberitahuan Impor Barang  ( PIB ), PIBK dan Consignment Note (CN ). PIB dipake oleh perusahaan yang nilai FOB impornya > 1500 dolar AS. PIBK digunakan oleh perseorangan / bukan badan usaha yang nilai FOB impornya > 1500 dolar AS. Bagi perusahaan maupun perseorangan yang nilai FOB impornya <= 1500 dolar AS bisa menggunakan Consignment Note ( CN ).

Khusus untuk  CN, Tarif Pajak Bea Cukai untuk bea masuk atas impor barang adalah 7,5 persen. Untuk PIB dan PIBK tarif Tarif Pajak Bea Cukai untuk bea masuk atas impor barang adalah sesuai dengan buku tarif kepabeanan indonesia ( BTKI ).

Barang Pindahan

Definisi Barang pindahan : barang – barang keperluan rumah tangga seseorang yang semula berdomisili diluar negeri kemudian dikirim masuk kedalam Negeri . Barang pindahan ini mendapatkan pembebasan bea masuk tetapi tidak berlaku untuk barang pindahan yang dikategorikan sebagai barang dagangan atau kendaraan bermotor. Terus siapa saja sih yang mendapatkan fasilitas pembebasan bea masuk ini? :

  1. Pegawai Negeri Sipil , Tentara Nasional Indonesia atau Polisi Negara Republik Indonesia yang ditugaskan diluar negeri. Waktu minimal bertugas adalah selama 1 tahun baik dengan keluarga maupun sendirian yang ditunjukkan dengan surat penempatan dan surat penarikan dari instansti terkait. Hal lain adalah dalam rangka tugas belajar diluar negeri dengan keluarga maupun sendirian dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi terkait.
  2. Pelajar, mahasiswa atau orang yang belajar diluar negeri minimal 1 tahun
  3. Tenaga kerja indonesia yang ditempatkan pada perwakilan indonesia diluar negeri minimal 1 tahun
  4. Warga indonesia yang bekerja diluar negeri minimal 1 tahun secara terus menerus.
  5. Warga negara asing yang bekerja di indonesia setelah mendapatkan Izin menetap dan izin bekerja dari instansi terkait minimal 1 tahun.

Barang pindahan yang mendapatkan fasilitas pembebasan bea masuk ini adalah barang yang memenuhi beberapa persyaratan :

  • Barang yang datang bersamaan dengan pemilik barang
  • Barang yang masuk maksimal tiga ( 3 ) bulan sebelum
  • Barang yang masuk sesudah pemilik barang tiba di Wilayah Indonesia.

Sekarang sudah paham kan jenis – jenis Barang Yang Kena Pajak Bea Cukai Bandara maupun barang yang mendapatkan fasilitas pembebasan bea masuk.

Setelah paham, semoga aktifitas Anda dibandara tidak terhambat sebab barang – barang Anda tertahan oleh Bea Cukai Bandara.

Sumber :

  • Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 23/PMK.04/2017 tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Barang Yang Dibawa Oleh Penumpang Dan Awak Sarana Pengangkut
  • Peraturan Menteri Keuangan Nomor 112/PMK.04/2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 183/PMK.04/2016 tentang Ketentuan Impor Barang Kiriman.
  • Peraturan Menteri Keuangan Nomor 28/PMK.04/2008 Tentang Pembebasan Bea Masuk Atas Impor Barang Pindahan.

Berlangganan dan Download E-Book Bagus

* indicates required
This entry was posted in .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Gratis
E-BOOK BAGUS TENTANG PERSONAL DEVELOPMENT DAN MOTIVASI