Cara Mengambil Barang Di Kargo Bandara Soekarno Hatta

cara mengambil barang di kargo bandara

Saya mempunyai tetangga yang usahanya berjualan ikan asin. Dia memenuhi kebutuhan pedagang ikan asin dibeberapa pasar dan warung. Pada awal usahanya, ikan asin dia dapatkan dari kalimantan yang dikirimkan via kargo bandara. Beberapa waktu lalu saya bertanya seputar cara mengambil barang di kargo bandara Soekarno Hatta.

Cara Mengambil Barang Di Kargo Bandara Soekarno Hatta

Sebelum mengambil barang kiriman di kargo bandara Soekarno Hatta ada beberapa hal yang harus anda tempuh.

Surat Muatan Udara ( SMU )

Surat muatan udara (SMU) adalah dokumen yang dicetak secara elektronik yang diterbitkan oleh pengangkut udara untuk pihak pengirim barang. Nama lain dari SMU adalah airway bill atau consignment note.

Pihak pengirim barang memberitahukan nomor SMU kepada penerima barang untuk keperluan pengambilan barang di terminal kargo.

Pastikan anda sudah mendapatkan salinan SMU beserta nomornya dari pengirim barang. Nomor bisa dikirimkan via sms, WA, BBM atau email.

Kartu Tanda Masuk ( Kartu Pass )

Sudah menjadi peraturan bahwa untuk masuk kearea gudang di terminal kargo bandara Soekano Hatta adalah mempunyai Kartu Tanda Masuk (Pass). Pass diberlakukan bagi orang maupun kendaraan.

Anda dapat membuat pas di pusat pelayanan informasi terminal kargo, posisinya di sebelum masjid warna warni Al-Furqon bandara.

Syarat – syarat pembuatan pass :

  • Foto copy kartu tanda penduduk ( KTP )
  • Foto Copy surat tanda nomor kendaraan ( STNK )
  • Mengisi form isian
  • Membayar administrasi

Jika Anda belum mempersiapkan lembar foto copy KTP dan STNK, dalam komplek masjid Al Furqon ada tempat foto copy. Di Kantor bea cukai Gedung B juga ada, tetapi jaraknya lumayan jauh.

Pembayaran administrasi dapat dilakukan secara setor tunai maupun menggunakan ATM. Jasa Bank yang bisa digunakan adalah bank mandiri dan bank rakyat indonesia ( BRI ). Keduanya ada didalam komplek terminal kargo bandara yang jaraknya cukup jauh.

Mengambil Barang Di Gudang

Setelah memegang kartu pass, anda dapat melenggang menuju Gudang tempat barang anda. Pastikan anda sudah mengetahui posisi gudang yang akan dituju.

Setelah menemukan tiba di gudang tujuan, lanjukan ke loket pelayanan. Diloket anda diharuskan mengisi lagi form yang isinya antara lain :

  • Nama pesawat dan asal penerbangan
  • Nomor SMU
  • Nama dan Alamat penerima barang
  • Nomor Telp

Jika anda berhalangan dan tidak bisa mengambil sendiri kiraman di kargo, bisa diwakilkan. Seorang wakil untuk mengambil barang harus mempunyai surat kuasa dari pemilik barang.

Komponen pembayaran terdiri dari :

  • Biaya handling di kargo yang dihitungnya per-kilogram
  • Biaya administrasi
  • Denda jika ada keterlambatan dalam pengambilan ( > 3 hari ). Jadi semakin lama anda mengambil, semakin besar denda yang harus di bayarkan.

Tips : tip ūüôā

Demikian adalah sedikit cerita seputar cara mengambil barang di kargo bandara Soekarno Hatta Jakarta.

Lain tempat, orang tentunya berbeda cara dan dinamikanya untuk proses pengambilan barang ini. Silahkan bagi pengalaman anda di kolom komentar.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

Berlangganan dan Download E-Book Bagus

* indicates required

This entry was posted in .
5 comments on “Cara Mengambil Barang Di Kargo Bandara Soekarno Hatta
  1. Saya mau tanya pak saya ada kiriman paket dari Lampung via Indah logistic yang di kirim via cargo airport Lampung cara pengambilannya di bandara Soekarno-Hatta atau pihak kargo akan mengirimkan barang sesuai alamat saya mohon saran dan bimbingan ny

    • Terimakasih Pak Sutikno. Kalau saya ditanya untuk hal seperti ini maka saya akan menanyakan ke pihak Indah Logistik apakah diantar kerumah atau tidak. Biasanya jika ada pengiriman kekargo dan harus diambil disana, pihak kargo biasanya akan menghubungi penerima barang. Semoga bisa membatu.

    • Ada tahunan dan mingguan.
      Harga pas mingguan ==> 100 ribu/orang dan 30 ribu untuk mobil.
      Untuk yang tahunan pengajuannya oleh instansti terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Gratis
E-BOOK BAGUS TENTANG PERSONAL DEVELOPMENT DAN MOTIVASI