Dokumen Impor Barang Bea Cukai

Dokumen impor barang. Ketika sebuah perusahaan atau perseorangan (disebut importir) yang akan memesan barang atau komoditas ke luar negeri atau dengan perkataan lain sedang melakukan kegiatan impor diharuskan memenuhi kewajibannya dalam rangka pengeluaran barang dari kawasan pabean.

Salah satu hal yang harus ditunaikan oleh mereka kepada pihak bea cukai adalah dengan menyertakan dokumen – dokumen impor.

Dokumen Impor Barang

Berikut adalah dokumen-dokumen yang harus dipenuhi ketika akan merelease barang dari bea cukai :

1. Perijinan Umum Kepabeanan

2. Letter Of Credit (L/C)

Suatu surat yang dikeluarkan oleh suatu bank atas permintaan importir yang ditujukan kepada eksportir di luar negeri yang menjadi relasi importir tersebut, yang memberikan hak kepada eksportir itu untuk menarik wesel-wesel atas importir bersangkutan.

Letter of Credit (L/C) merupakan salah satu cara pembayaran dalam kegiatan ekspor impor.

Sistem pembayaran ini memiliki tingkat sekuritas paling tinggi karena melibatkan pihak ketiga yaitu bank.

Bank berperan sebagai penjamin kepada eksportir bahwa importir telah melakukan transaksi sebelum eksportir mengirimkan barang.

3. Pemberitahuan Impor Barang (PIB)

Pemberitahuan Barang Impor (PIB) adalah pemberitahuan oleh importir atas barang yang akan diimpor berdasarkan dokumen pelengkap pabean sesuai prinsip self-assesment.

Dokumen-dokumen pelengkap PIB antara lin invoice, bill of lading atau airway bill, asuransi, packing list, dan dokumen lainnya. PIB adalah dakumen pabean dan memiliki kode dokumen B.C 2.0.

4. Material Safety Data Sheet (MSDS)

MSDS atau disebut juga Informasi Data Keamanan Bahan. Dapat pula diartikan bahwa MSDS juga merupakan lembar keselamatan bahan.

Dalam hal kegiatan impor barang, MSDS merupakan dokumen impor tambahan yang juga diperlukan apabila barang yang diimpor adalah barang yang mengandung zat tertentu atau mengandung unsur-unsur kimia, terlebih lagi barang kimia yang dikategorikan sebagai kimia berbahaya beracun (B3).

5. Faktur (Invoice)

Adalah suatu dokumen yang penting dalam perdagangan impor. Data-data dalam invoice akan dapat diketahui berapa jumlah wesel yang akan dapat ditarik, jumlah penutupan asuransi, dan penyelesaian segala macam bea masuk.

Faktur (invoice) dapat dibedakan ke dalam 3 (tiga) jenis yaitu:

  • Proforma Invoice

Menyatakan syarat-syarat jual beli dan bersangkutan menyetujui pesanan tersebut maka akan ada kontrak antara pembeli dengan penjual sesuai dengan yang ditetapkan dalam Proforma Invoice.

Jika importir berdomisili di negara yang memiliki kurs yang berbeda secara internasional, atau bukan dollar, maka importir perlu meminta invoice dengan jenis proforma kepada eksportir agar pemerintah dapat memberikan izin pembayaran.

Setelah importir menerima invoice, importir perlu mengajukan invoice tersebut kepada bank untuk mendapat izin pembayaran dengan menukar kurensi menjadi dollar.

  • Commercial Invoice

Commercial invoice merupakan dokumen nota atau faktur penjualan barang ekspor impor yang diterbitkan oleh eksportir (penjual atau pengirim barang).

Secara kasar, commercial invoice adalah surat permintaan pembayaran kepada importir (pembeli) sesaat setelah eksportir selesai memproduksi barang pesanan importir.

Commercial Invoice dari eksportir ditujukan kepada importir yang nama dan alamatnya sesuai dengan yang tercantum dalam Letter of Credit (L/C) dan ditandatangani oleh pihak yang berhak menandatangani.

Formulir invoice yang asli diberikan kepada bank sebagai bukti pembayaran untuk diteruskan kepada importir.

  • Consular Invoice

Invoice yang dikeluarkan oleh instansi resmi, yakni kedutaan (konsulat).

Consular invoice terkadang ditandatangani oleh konsul perdagangan negeri pembeli, dibuat oleh eksportir dan ditandatangani oleh konsul negara pembeli, atau dibuat dan ditandatangani negara sahabat dari negara pembeli.

Demikian dokumen – dokumen impor yang harus disiapkan oleh pembeli barang dalam rangka pengeluaran barang  dari pelabuhan dan tidak memungkiri masih ada dokumen lain yang dibutuhkan.

Sekiranya dokumen yang di ajukan adalah dokumen yang benar, yaitu tidak ada unsur – unsur manipulasi sehingga proses di pelabuhan berjalan lancar.

Semoga bermanfaat 🙂

Berlangganan dan Download E-Book Bagus

* indicates required

2 thoughts on “Dokumen Impor Barang Bea Cukai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *