ISAKUIKU : Aku Hanya Bisa Itu

Ini adalah cerita tentang kekuatan fokus yang mengubah hidup seorang tamatan SD sukses sebagai perantau di negeri orang dan sebut saja dia mas Djoko.

Pekan ini adalah giliran saya bertugas di terminal kedatangan Internasional Bandara Soekarno Hatta. Disini saya dihadapkan dengan penumpang yang beraneka ragam baik latar belakang watak maupun kebangsaan. Cerita menarik datang dari mas djoko, seorang lelaki jawa yang menetap di Jepang karena beristri orang sana dan sukses dengan usahanya.



Mas Djoko ini sangat taat peraturan karena dengan penuh kesadaran dia melaporkan barang bawaannya disertai bukti pembayaran. Sebuah sikap terhormat yang mencerminkan keteladanan sebuah negara. Dia mengaku bahwa dia belajar budaya dari negara tempat dia menggantungkan hidup sekarang.

Awalnya mas Djoko ini adalah sopir dari seorang warga negara asing ( WNA ) yang mempunyai perusahaan di Indonesia. Singkat cerita akhirnya WNA tersebut sekarang jadi istrinya.

Mas Djoko mempunyai keterampilan sebagai seorang pengiring musik yang dia pelajari secara otodidak. Awalnya dia belajar kendang dan sekarang dia lebih sering memainkan piano.

Setelah menikah, mas Djoko pindah ke Jepang mengikuti istrinya. Disana dia membuka warung mie ayam dan mitra untuk tour travel dalam hal konsumsi.

Kesuksesan tidak membuat dia lupa diri. Sebagiaan pendapatan disumbangkan ke tempat Ibadah. Dia bertutur bahwa dirinya menjadi baik ketika menetap di Jepang, karena di kelilingi saudara – saudara seiman.

Mas Djoko terhitung sukses hidup di perantauan dengan membuka beberapa tempat makan. Kadang kala dia bermain musik di sana sebagai hiburan. Dia mengaku bahwa dia adalah orang yang beruntung karena dia cuma seorang lulusan SD dan cuma bisa bermain musik. Isoku yo iku, aku cuma bisa itu.

Saya dingatkan oleh cerita mas Djoko ini tentang kekuatan sebuah ketekunan dan kesenangan. Apapun itu lakukanlah dengan penuh dedikasi, kesabaran dan nilai – nilai positif yang lain dan biarkanlah waktu yang akan menjawabnya.

Kesuksesan mas Djoko bukan hanya berkelimpahan uang, sukses dia adalah berkecukupan materi dan dapat melakukan apa yang menjadi kesenangannya.

Semoga bermanfaat 🙂

Berlangganan dan Download E-Book Bagus

* indicates required

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Gratis
E-BOOK BAGUS TENTANG PERSONAL DEVELOPMENT DAN MOTIVASI