Ke Bandara Soekarno Hatta Naik Apa?

ke bandara soekarno hatta
Lha kalau berangkat kerja ke Bandara Soekarno Hatta (bandara soetta) naik apa?. Itu adalah pertanyaan yang lazim di lontarkan oleh kawan, sahabat, kerabat maupun sejawat setelah saya menjawab pertanyaan mereka seputar penugasan terakhir saya.

Saya juga mempunyai beberapa teman yang bertempat tinggal di Bandung yang setiap pekan sekali melakukan perjalanan ke bandara soekarno hatta – Bandung dan sebaliknya.

Mungkin bagi anda yang pengen mengetahui kendaraan umum apa saja yang biasa saya dan teman-teman saya gunakan untuk sampai di tempat kerja, dengan postingan ini semoga dapat memberikan sedikit pencerahan.

Kendaraan umum yang dimaksud disini adalah kendaraan non taksi baik taksi online maupun taksi argo.

Bandara Soekarno Hatta Jakarta Ada Dimana ?

Sebelum masuk pembahasan yang lebih mendalam, mari kita cari tahu dimana sih posisi bandara soekarno hatta Jakarta itu berada.

Walaupun berlabel sebagai bandar udara di Jakarta, namun bandara soetta secara geografis berada di luar Provinsi DKI, yaitu di provinsi Banten.

Kasus ini mirip dengan Terminal Purajaya Surabaya ( Bungurasih ) yang berlokasi di Sidoarja tepatnya di desa bungurasih kecamatan waru.

Bandara Soetta sendiri berlokasi di kecamatan benda kota tangerang provinsi Banten dan disingkat dengan nama SHIA ( Soekarno Hatta International Airport ) dengan kode bandara “CGK”.

Penyebutan lain yang biasa digunakan dan begitu akrab ditelinga kita untuk bandara soetta adalah bandar udara cengkareng.

FYI, sejak pertengahan juni 2015 saya dipindah tugaskan dari Kantor Pusat Bea dan Cukai Rawamangun ke Kantor Pelayanan Utama Soekarno Hatta ( KPU Soetta ).

Waktu pelayanan di KPU Soetta untuk pelayanan ekspor dan pelayanan terminal kedatangan internasional adalah 24 jam.

Jadi saya bisa berangkat pagi, sore maupun malam tergantung jadwal yang ada.

Dengan jam dinas yang berbeda tentunya membutuhkan jenis transportasi yang berbeda.

Ke Bandara Soekarno Hatta Dari JABODETABEK

Disetiap waktu (pagi buta, siang bolong maupun larut malam) banyak orang hilir mudik dari dan ke bandara soekarno hatta dari seputaran Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi ( JABODETABEK ).

Beragam maksud, alasan dan tujuan mereka mereka ini dan saya sendiri tentunya yang rela capek-capek hilir mudik rumah-bandara dan bandara-rumah.

Ada yang mempunyai kepentingan untuk keluar daerah lain di nusantara ataupun keluar negeri dengan bermacam-macam urusan.

Tidak sedikit juga yang wira-wiri pagi sore malam karena urusan penghidupan alias bekerja di area bandar udara.

Dan sebagian yang lain adalah urusan antar mengantar dan jemput menjemput teman, sanak saudara, handai toulan maupun rekanan bisnis.

Ke Bandara Dari Bekasi

Bagi anda yang bertempat di seputaran bekasi, ada beberapa titik anter jemput kendaraan umum/bus yang dapat anda tuju jika akan bepergian ke Bandara soetta.

Tempat pemberhentian/keberangkatan ke bandara yang sering/pernah saya pakai antara lain Terminal kayuringin, Terminal pulogebang dan Plaza pondok gede.

Armada bus yang ada diterminal kayuringin dan pulogebang adalah DAMRI. Sedangakan rute bandara pondok gede dilayani oleh bus agra mas.

Saya tinggal di another planet “Kota Bekasi” terhitung sejak januari 2009, tepatnya dikelurahan Jatisari kecamatan Jatiasih Kota Bekasi.

Jarak depan rumah saya sampai lokasi kerja yaitu area bandara soetta adalah berjarak kira-kira 56 KM, kalau tidak percaya silahkan cek di Maps 🙂

Dengan jarak sejauh itu, saya bisa tempuh dalam waktu sekitar 45 lima menit dalam kondisi jalan tol jor lancar jaya, biasanya diwaktu pagi ketika jam berangkat kerja. Semakin siang berangkatnya tentu saja semakin molor waktu sampai kantornya.

Tetapi jika kondisi lalu lintas sedang tidak bersahabat maka dibutuhkan waktu minimal 90 menit. Terutama ketika waktu pulang dari kantor di sore hari ditambah kondisi hujan.

Untuk jadwal pagi dari senin sampai jum’at saya menggunakan mobil jemputan dari jatiasih.

Kalau mendapatkan jadwal selain pagi atau pagi di hari libur biasanya saya menggunakan kendaraan umum dan BUS adalah langganan saya.

Penugasan pertama saya di KPU Soetta adalah di terminal kedatangan. Awalnya ketika dinas sore saya berangkat lewat Terminal Kayuringin Bekasi.

Ke Bandara Dari Terminal Kampung Rambutan

Setelah beberapa waktu menjadi pelanggan Bus Damri terminal kayuringin, saya kemudian pindah ke terminal Kampung rambutan.

Cukup lama saya ke Terminal lampung rambutan sebagai batu loncatan ke bandara soetta.

Dan yang terbaru saya sering berangkat atau pulang lewat pondok gede karena bus agra juga membuka rute bandara.

Rute Bus yang lain yang pernah saya pakai, terutama ketika ketika tidak mengendarai motor dari rumah adalah Bus bandara rute cileungsi bogor, yaitu Bus Sinar Jaya.

Moda lain yang pernah saya gunakan adalah omprengan jurusan bandara – BNN/UKI. Tetapi akhir – akhir ini saya jarang menggunakan moda jenis ini.

Untuk sampai ke tempat pemberangkatan Bus atau pool omprengan biasanya saya menggunakan ojek online, angkot, mengendari motor sendiri atau kombinasi dari ketiganya.

Menurut saya Bus adalah transportasi yang paling aman jika kita hendak pergi ke bandara soekarno hatta. Karena saya punya pengalaman yang cukup mendebarkan ketika naik mobil omprengan selepas dinas malam.

Ke Bandara Soekarno Hatta Naik Motor

Untuk menuju ke bandara soerkano hatta, banyak juga yang naik motor roda dua.

Tentu saja hal ini tidak terlalu bermasalah jika jarah tempuh rumah/kontrakan ke bandara tidak berjarak maksimal 20 KM kalau lebih dari itu, saya sendiri angkat tangan.

Dibandara, baik di terminal penumpang maupun terminal kargo disediakan tempat parkir yang memadai dan dengan sewa yang tidak semahal kendaran roda empat yang dihitung perjam.

Ke Bandara Soekarno Hatta Dari Luar JABODETABEK

Selain dari seputar JABODETABEK, ada juga jasa layanan transportsi yang melayani langsung rute pulang-pergi (PP) dari dan ke bandara soekarno hatta.

Karena tidak sedikit penumpang pesawat yang langsung berangkat dari/dan pulang ke Bandung.

Ada juga golongan pekerja di kawasan bandara soetta yang rutin pulang-pergi sepekan sekali.

Misalnya rute langsung Bandung-Bandara Soekarno hatta yang dilayani oleh beberapa PO Bus dan travel.

Selain rute Bandung-Bandara Soetta PP, ada juga rute-rute PP lain ke bandara dari Purwakarta, Cikarang, serta Merak.

Ongkos Ke Bandara Soekarno Hatta

Ongkos bus yang harus dibayarkan bervariasi tergantung rute dan jenis bus yang digunakan.

Misalnya untuk rute Bandara – Terminal kayuringin mempunyai pilihan harga dari 45 ribu sampai 60 ribu. Dan untuk rute lain ongkos ke bandara rata – rata sebesar 40 ribu.

Terhitung mulai awal bulan januari tahun 2020, tiket bus dari seputar JABODETABEK ke bandara soekarno hatta mengalami kenaikan antara 5 ribu sampai 10 ribu rupiah.

Untuk anda yang mau berhemat ketika akan ke Bandara Soekarno Hatta, anda dapat menggunakan mobil omprengan dengan tarif berkisar antara 15 sampai 20 ribu.

Untuk ongkos terbaru omprengan bandara saya belum update karena sudah lama tidak ngompreng.

Demikian adalah uraian dari pertanyaan seputar moda umum yang biasa saya gunakan ketika berangkat maupun pulang dari/ke tempat kerja yaitu Bandara Soekarno Hatta.

Bagi anda juga praktisi hilir mudik seperti saya dan merasa ada yang kurang silahkan tambahkan di kolom komentar

Dan bagi yang masih kurang jelas dan memerlukan penjelasan lebih lanjut, jangan malu-malu untuk bertanya.

Semoga bermanfaat 🙂

Berlangganan dan Download E-Book Bagus

* indicates required

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *