Nota Pelayanan Ekspor (NPE) : Bukti Disetujuinya Kegiatan Ekspor Barang

nota pelayanan ekspor

Definisis Ekspor adalah kegiatan mengirm barang keluar daerah pabean ( ke luar negeri ) dan diatur dengan Undang – undang Kepabeanan (UU Kepabeanan).

Sebuah kegiatan ekspor disetujui oleh Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai ( KPPBC ) jika KPBC yang bersangkutan telah mengeluarkan nota pelayanan ekspor ( NPE ).  KPBC disini adalah KPBC tempat pemuatan barang ekspor kesarana pengangkut, baik sarana pengangkut darat (Truk/kereta), laut (kapal laut) maupun udara (pesawat).

Jadi NPE adalah hasil final dari rangkain pengajuan dokumen yang dimulai dari entri data di modul Pemberitahuan Ekspor Barang ( Modul PEB ), pemenuhan terhadap dokumen pendukung dan hasil sesuai dari pemeriksaan fisik barang oleh Petugas Pemeriksa Barang bea cukai.

Dilihat dari jenisnya, NPE dapat dikategorikan menjadi 2 jenis :

Nota Pelayanan Ekspor Otomatis ( NPE Otomatis )

NPE jenis dikeluarkan secara otomatis oleh Sistem Komputer Pelayanan Ekspor ( SKP Ekspor) dengan mempertimbangkan 3 hal :

1. Barang ekspor tersebut tidak masuk kedalam kategori barang yang di larang atau dibatasi untuk diekspor.

2. Terpenuhinya persyaratan atas kelengkapan dokumen ekspor jika barang ekspor adalah barang yang dilarang maupun dibatasi ekspornya.

3. Status Barang ekspor tidak sedang dalam proses pemerikasaan fisik.

SKP Ekspor akan menyetujui sebuah pengajuan ekspor dengan menerbitkan NPE secara otomatis yang di tandai dengan terbitnya nomor dan tanggal Pemberitahuan Ekspor Barang ( PEB ) serta nomor dan tanggal NPE.

Nota Pelayanan Ekspor Manual ( NPE Manual )

Namanya juga manual, jadi NPE ini di terbitkan oleh petugas pemeriksa barang secara manual jika hasil dari pemeriksaan fisik barang dinyatakan sesuai dengan barang yang di beritahukan di PEB. 

Ketika hasil dari pemeriksaan fisik sebuah PEB dinyatakan sesuai, maka petugas pemeriksa barang akan mengeluarkan persetujuan ekspor dengan menerbitkan NPE. Nomor dan tanggal NPE direkam secara manual oleh petugas pemeriksa barang dan dicetak melalui SKP Ekspor.

Untuk lebih jelasnya dapat melihat flow chart alur ekspor dibawah ini :

sumber :
http://www.beacukai.go.id/arsip/pab/ekspor.html

Demikian adalah penjelasan singkat tentang Nota Pelayanan Ekspor, sebuah dokumen pelindung agar barang ekspor dapat memasuki pelabuhan muat, masuk sarana pengangkut dan berangkat ke negara tujuan.

Semoga bermanfaat 🙂

Berlangganan dan Download E-Book Bagus

* indicates required

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Gratis
E-BOOK BAGUS TENTANG PERSONAL DEVELOPMENT DAN MOTIVASI