Mas Itu P2 Bea Cukai Soekarno Hatta

p2 bea cukai
Mas yang berbaju preman itu adalah petugas P2 Bea Cukai Kantor Pelayanan Utama Soekarno Hatta (KPU Soetta). Dia kelihatan lelah karena semaleman berjaga di terminal kedatangan bandara Soekarno Hatta.

FYI, selama pesawat dari luar negeri masih ada yang landing di bandara soekarno hatta maka petugas bea cukai bandara harus tetap berjaga 24 jam sehari dan tidak mengenal hari libur (tanggal merah). Berlebaran dan berhari raya di terminal adalah hal yang biasa bagi kami.

Memang pada pelaksaan tugas dilapangan, pegawai bea cukai tidak seluruhnya memakai seragam dinas harian (PDH). Ada sebagian bidang yang membebaskan pegawainya untuk tidak berseragam PDH.

Terkait pegawai yang ada di KPU Soetta, beberapa waktu lalu kita sudah membahas salah satu jabatan fungsional yang ada di KPU Soetta yaitu PDTT ( Peneliti Dokumen Tingkat Terampil ) bea cukai.

Dan pada kesempatan ini saya akan menuliskan bagian lain yang ada di KPU Soetta yaitu Bidang Penyidikan dan Penindakan KPU Bea Cukai dan tugasnya.

Arti Dan Tugas P2 Bea Cukai Soekarno Hatta

Arti/kepanjangan P2 Bea cukai adalah penyidikan dan penindakan. Tugas utama dari bidang P2 KPU Soetta ini adalah di sisi pengawasan terhadap keluar masuknya barang di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Tanggung jawan utama dari bidang P2 Soetta adalah pengawasan terhadap barang yang di larang dan dibatasi (barang lartas).

Pengawasan yang dilakukan ditempuh baik secara langsung dengan pengamatan dilapangan maupun dengan cara tidak langsung yaitu dengan menganalisa data dibalik layar.

Disini saya hanya akan menjelaskan tugas umum dari P2 yang berhubungan langsung dengan tugas keseharin saya sebagai Peneliti Dokumen Tingkat Terampil (PDTT) KPU Soetta.

Baik itu pada saat saya bertugas di terminal kargo maupun saat berjaga di terminal kedatangan internasional.

Melakukan X-Ray terhadap barang

X-ray dilakukan terhadap barang bawaan penumpang pesawat maupun terhadap barang kiriman yang dilakukan oleh Pengusaha Jasa Titipan (PJT).

X-ray bagasi barang bawaan penumpang dilakukan di terminal kedatangan internasional. Sedangkan x-ray barang kiriman di lakukan digudang PJT di terminal kargo bandara soekarno hatta.

Melakukan Pengawasan

Pengawasan dilapangan dilaksanakan berdasarkan informasi yang didapat dari analisa data maupun dari hasil x-ray terhadap barang impor.

Struktur Organisasi Bidang P2 Soekarno Hatta

Bidang P2 KPU Soetta dikepalai oleh seorang pejabat eselon III yaitu Kepala Bidang Penyidikan dan Penindakan (Kabid). Dibawah bidang p2 ada beberapa seksi (eselon IV) yang membantu tugas kabid, yaitu sebagai berikut :

1. Seksi Intelijen

Seksi Intelijin menjadi tanggung jawab 2 pejabat yaitu seksi intelijen I dan seksi intelijen II.

2. Seksi Patroli Dan Operasi

Pelaksanaan tugas di Seksi Patroli dan Operasi diemban oleh 2 seksi yaitu seksi patroli dan operasi I serta seksi patroli dan operasi II.

3. Seksi Penyidikan Dan Barang Hasil Penindakan

4. Seksi Sarana Operasi

Demikianlah penjelasan singkat tentang bidang P2 bea cukai KPU soetta dan jenis pekerjaan apa saja yang menjadi rutinitas keseharian meraka.

Tulisan ini saya buat sebatas pengetahuan yang saya miliki. Jika ada hal-hal yang akan ditambahkan atau diluruskan silahkan kemukakan di kolom komentar.

Semoga bermanfaat 🙂

Berlangganan dan Download E-Book Bagus

* indicates required

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *