Pemberitahuan Ekspor Barang

Pemberitahuan Ekspor Barang
Pemberitahuan Ekspor Barang. Seperti telah kita pahami bersama, bahwa barang-barang yang masuk atau keluar melintasi perbatasan daerah pabean adalah berada dalam pengawasan atau kekuasaan Bea dan Cukai.

Oleh karena itu, untuk melakukan ekspor barang, sebuah perusahaan (selanjutnya disebut eksportir), harus mengisi formulir Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB).

Pemberitahuan Ekspor Barang

Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) adalah dokumen pabean yang digunakan untuk memberitahukan pelaksanaan ekspor barang.

PEB dibuat oleh eksportir atau kuasanya dengan menggunakan software EDI secara online.

Barang yang akan diekspor wajib diberitahukan ke Kantor Bea dan Cukai dengan menggunakan PEB ini.

Tujuan akhir dari pengajuan PEB ini untuk memperoleh respon Nota Persetujuan Ekspor (NPE) dari pihak pabean.

Barulah kemudian NPE digunakan sebagai surat jalan untuk memasukkan barang ekspor ke kawasan pabean atau kawasan dalam pengawasan bea cukai yang dipersiapkan untuk ekspor.

Dasar Hukum

Dasar hukum pengadaan dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) ini berdasar pada Keputusan Direktur Jenderal Bea dan Cukai No.: KEP-152/BC/2003 tentang Petunjuk pelaksanaan Tata Laksana Kepabeanan di Bidang Ekspor untuk Barang Ekspor yang mendapat Kemudahan lmpor Tujuan Ekspor.

Dokumen ekspor PEB memiliki kode BC 3.0. Setiap pemberitahuan PEB hanya diperuntukkan bagi satu eksportir (pengirim) dan satu importir (penerima).

Setiap pengisian dokumen PEB dapat berisi lebih dari satu jenis barang. Jika dalam hal ruang kertas atau lembar untuk data barang tidak mencukupi, dapat dibuatkan lembar lanjutan yang hanya berisi data angka 28 s.d. 32 dengan diberikan tanda tangan, nama jelas, dan cap perusahaan eksportir pada setiap lembar halaman lanjutan.

Lembar pertama untuk kantor pabean, lembar kedua untuk BPS Pusat dan lembar ketiga untuk BI.

Tata Cara Pengajuan PEB

Adapun tata cara pengajuan PEB oleh eksportir sebagai berikut:

  1. Menyertakan Laporan Pemeriksaan Bea dan Cukai (LPBC) dalam hal barang ekspor wajib diperiksa oleh surveyor
  2. Fotokopi Surat Tanda Bukti Setor (STBS) atau fotokopi Surat Sanggup Bayar (SSB) dalam hal barang ekspor dikenai pungutan ekspor.
  3. Fotokopi invoice dan fotokopi packing list
  4. Fotokopi dokumen pelengkap pabean lainnya yang diwajibkan sebagai pemenuhan ketentuan kepabeanan di bidang ekspor
  5. Eksportir atau kuasanya melunasi semua pungutan dalam rangka ekspor kepada bank devisa atau pejabat DJBC (Direktorat Jendral Bea dan Cukai).
  6. Eksportir atau kuasanya mengajukan PEB ke pada pejabat DJBC, dilengkapi semua dokumen yang diperlukan.
  7. Eksportir menyiapkan barang untuk diperiksa secara fisik (jika diperlukan). Setiap PEB hanya diperuntukkan bagi satu pengirim atau penerima. Setiap PEB dapat berisi lebih dari satu jenis barang ekspor

Sanksi Terkait Ekspor Barang

Semua barang yang yang diekspor, kecuali barang-barang yang dikecualikan, tanpa menyertakan atau menyalahgunakan dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) akan dikenai sanksi sesuai undang-undang, di antaranya:

  1. Mengekspor tanpa menyerahkan pemberitahuan pabean dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 10 (sepuluh) tahun dan pidana denda paling sedikit lima puluh juta rupiah dan paling banyak lima miliar rupiah.
  2. Menyampaikan pemberitahuan pabean yang tidak benar, palsu atau dipalsukan dipidana dengan pidana penjara paling singkat 2 (dua) tahun paling lama 8 (delapan) tahun dan/ atau pidana denda paling sedikit seratus juta rupiah dan paling banyak lima miliar rupiah.
  3. Tidak menyampaikan atau terlambat menyampaikan pembatalan ekspornya dikenai sanksi administrasi berupa denda sebesar Rp. 5.000.000,00 (lima juta rupiah).
  4. Salah memberitahukan jenis dan/atau jumlah barang dikenai sanksi administrasi berupa denda paling sedikit 100% (seratus persen) dari pungutan negara di bidang ekspor yang kurang dibayar dan paling banyak 1.000% (seribu persen) dari pungutan negara di bidang ekspor yang kurang dibayar.

Semoga bermanfaat 🙂

Berlangganan dan Download E-Book Bagus

* indicates required

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *