Pengertian Free On Board ( FOB )

Pengertian Free On Board Dalam kesepakatan perdagangan Internasional harus ada kejelasan antara kewajiban penjual ( Eksportir ) dan tanggung jawab pembeli (Imporir) dan hal itu sudah diatur dalam sebuah kesepakatan yang salah satu skemanya adalah Free on Board (FOB).

Free on board adalah salah satu skema internasional yang menjadi bagian dari International Comercial Terms (Incoterms) yang dikeluarkan oleh International Chamber of Commerce (ICC) atau kamar dagang kamar dagang internasioanl. Incoterms berisi istilah – istilah yang harus menjadi kesepakatan antara Eksportir dan importir atau bisa dikatakan mengatur hak dan kewajiban kedua pihak dalam proses perdagangan dan pengiriman barang sampai tempat tujuan dengan menggunakan sarana angkut laut. Oleh sebab itu skema ini hanya dilakuan diatas kapal. Free on board artinya pihak eksportir menanggung segala biaya dari gudang eksportir sampai penyerahan barang diatas kapal.

Pengertian Free On Board Bea Cukai Dalam Rangka Impor

Instansi bea cukai mempunyai beberapa tugas yang harus dilakukan dan salah satunya adalah melakukan pungutan terhadap barang impor.

Pengertian free on board (FOB) bagi petugas bea dan cukai menjadi sangat penting karena dia adalah salah satu nilai dalam penghitungan pajak bea masuk selain nilai Freight serta asuransi. Oleh sebab itu kebenaran pemberitahuan nilai fob ketika impor barang akan sangat membantu dalam penghitungan pajak yang adil dan transparan.

Demikian pembahasan tentang pengertian free on board, Semoga bermanfaat 🙂

Berlangganan dan Download E-Book Bagus

* indicates required
One comment on “Pengertian Free On Board ( FOB )
  1. Pingback: Kalkulator Bea Cukai - Cara Cepat Menghitung Pajak Impor Barang Dari Luar Negeri - Blog Bisnis Ekspor & Impor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Gratis
E-BOOK BAGUS TENTANG PERSONAL DEVELOPMENT DAN MOTIVASI