Peraturan Pembawaan Uang Tunai di Bandara

pembawaan uang tunai

Ketika saya berdinas di Terminal kedatangan Internasional, saya mempunyai beberapa tugas. Salah satu tugas yang harus saya tunaikan adalah pemeriksaan pembawaan uang tunai di bandara.

Pemeriksaan dilakukan terhadap orang yang membawa uang tunai baik yang akan masuk maupun keluar Indonesia. Uang tunai disini dalam uang kertas asing maupun rupiah.

Seorang membawa uang kertas asing tunai baik atas nama pribadi maupun perusahaan di bandara dengan beberapa alasan :

  • Pedagang Barang

Banyak orang dari Afrika yang melakukan kegiatan dagang di Indonesia. Salah satu sektor yang mereka geluti adalah bidang konveksi. Ketika berbelanja di Tanah Abang, mereka membawa uang belanjaan dari negara asal secara tunai.

  • Pedagang Uang

Pedagang uang/ pedagang valas adalah orang yang melakukan jual beli uang dengan mengambil untung dari selisihnya. Seringkali proses jual beli ini dilakukan lintas negara sehingga mengharuskan pembawaan uang tunai.

Pengertian Uang Tunai

Pengertian uang tunai menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah uang kontan. Yaitu uangnya ada dan siap tersedia dalam bentuk fisik kertas maupun logam dan siap di pergunakan dalam kegiatan perdagangan barang dan jasa.

Fungsi Uang

Dalam kehidupan sehari – hari uang mempunyai dua funsi :

  • Uang sebagai alat tukar
  • Uang sebagai alat penunda pembayaran a

Penerbitan uang tunai dilakukan oleh Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan.

Peraturan Membawa Uang Tunai di Bandara

Pihak yang menerbikan peraturan pembawaan uang tunai di bandara adalah Bank Indonesia ( BI ).

Dimana Pelaksanaan, pengawasan pembawaan uang tunai dan pengenaan sanksi denda di bandara dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC).

Dasar Hukum

Peraturan Bank Indonesia No. 20/2/PBI/2018
tentang Perubahan atas Peraturan Bank     Indonesia No. 19/7/PBI/2017 tentang Pembawaan Uang Kertas Asing Ke Dalam dan  Ke Luar Daerah Pabean Indonesia.

Peraturan Bank Indonesia no :4/8/PBI/2002 tentang Persyaratan dan tata cara membawa uang rupiah keluar dan masuk wilayah pabean Republik Indonesia


Batasan Pembawaan Uang Tunai Di Bandara

Pembawaan Uang Tunai Rupiah

  • Setiap orang yang membawa keluar negeri uang tunai rupiah >= 100 Juta harus mendapatkan izin dari BI.
  • Untuk setiap orang yang membawa masuk wilayah Inodesia uang tunai rupiah >= 100 juta, bea cukai mempunyai tugas memeriksa keasliaannya.

Sanksi untuk pelanggaran dua hal diatas adalah denda sebesar 10 % dari jumlah uang yang dibawa. Dan maksimal pengenaan sanksi denda sebesar 300 juta.

Sanksi juga di berikan jika jumlah uang yang dibawa melebihi jumlah yang di izinkan BI. Atas kelebihan jumlah uang yang di bawa dikenaka denda sebesar 10 %.

Pembawaan Uang Kertas Asing

Pembawaan uang tunai asing meliputi pembawaan masuk dan keluar wilayah Indonesia.

Setiap orang dilarang membawa uang tunai asing >= 1 Milyar. Pelanggaran atas pembawaan uang tunai ini adalah denda 10 % dari jumlah uang yang di bawa. Dan maksimal yang dikenakan adalah 300 juta.

Pelarangan diatas tidak berlaku bagi badan berizin, siapakah mereka? :

  • Bank
  • Penyelenggara KUPVA bukan bank. KUPVA adalah kepedekan dari
    Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing Bukan Bank .

Badan berizin yang kedapatan membawa uang tunai asing >= 1 Milyar tetapi tidak dilengkapi dengan izin dari BI akan dikenakan sanksi. Sanksi juga dikenakan kepada badan berizin jika dalam pembawaan uang asing melanggar ketentuan dalam persetujuan pembawaan uang asing

Apa sanksi yang akan didapatkan?. sanksinya adalah denda sebesar 10 % dari uang yang dibawa tanpa izin dengan denda maksimal 300 juta rupiah. Untuk pembawan yang menyalahi aturan, sanksinya adalah denda 10 % dari kelebihan uang asing tunai dan denda maksimal 300 juta rupiah.

Itulah cerita saya ketika bertugas di Bandara untuk pengawasan barang bawaan penumpang pesawat berupa pembawaan uang tunai baik uang kertas asing maupun rupiah tunai. Anda mempunyai pengalaman lain?

Semoga tulisan ini bermanfaat.

Berlangganan dan Download E-Book Bagus

* indicates required

9 thoughts on “Peraturan Pembawaan Uang Tunai di Bandara

  1. Jika ada wisatawan dari luar negeri yg bawa uang tunai kira2 berapa maksimalnya, dan jika lebih dr limit yg di tentukan apa ada denda atau apa gtu..tks

    1. Maksimal uang tunai perorang adalah senilai 1 Milyar rupiah. Jika mas Imanuel membawa uang senilai diatas 100 juta rupiah maka mas diharuskan declare di form Customs Declaration, cukup isi saja berapa nominal dan pecahannya. Karena jika tidak declare maka akan kena denda. Semoga bisa terjawab pertanyaannya

  2. Mau tanya, jika saya bawa uang SGD 20 rb dari Singapura apakah harus melaporkan karena jauh dibawah 1 Milyar. Ketentuan jumlah mata uang asing yg dibawa berlaku per bulan atau tiap kedatangan ?

    1. Masih harus mengisi di lembar Customs Declaration mas Ari karena masih di atas 100 juta rupiah. Ketentuan jumlah mata uang asing ini berlaku bagi tiap penumpang/kedatangan

  3. Bila ada seorang investor membawa uang Asing sebesar 150.000 US Dollars dalam bentuk Reyal Arab Saudi masuk ke Indonesia, berarti apakah kena denda dan atau bagaimana biar tidak kena denda

    1. Banyak penumpang dari Afrika jika dia membawa uang tunai lebih dari 1 M rupiah maka dia datang lebih dari 1 orang dan masing-masing orang melaporkan dengan nilai dibawah 1 M rupiah

  4. Bagaimana kalau kita membawah uang ke negara asing yg di negara kita memperbolehkan dibawah 100 jt akan tetapi kalau ingin ke negaranya harus cuma dengan batas 2000 usd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *